Cara Menuju Bandara Soekarno Hatta Cengkareng

Standard

PaHe (Paket Hemat) Bandara Soekarno-Hatta

Posted February 2, 2012 by Umarat in Social & Human Interest. Tagged: Bus Damri, Bus Damri ke Bandara, Cara Hemat ke Bandara, Damri, Damri Soetta, Letak Terminal Airline, Naik Damri, No tlp Damri Bandara, Paket Hemat Rute Bandara Soetta, Pool Damri ke Bandara, Terminal di Bandara Soetta, Transportasi aman Damri, Transportasi yang bisa diandalkan. 107 Comments | Edit

Beginilah konsekuensi jika istri sedang menempuh studi S2 di Surabaya. Kami harus berpisah untuk beberapa hari. Ia hilir mudik Surabaya-Jakarta. Untungnya aku baru ditinggal sekali saja sejak kami menikah. Namun, sepertinya karena kami pasangan yang campur-campur (Minangkabau – Tegal – Mojokerto), maka Bandara Soekarno-Hatta bakal sering kami sambangi.

Bolak-balik bandara tentu menguras kocek juga. Nah, biar hemat, aku menyarankan Anda yang biasa ke Bandara untuk mengambil jasa angkutan umum Damri. Naik Damri memang asyik, murah meriah dan nyaman. Aku pernah naik taksi dari bandara. Pengalaman buruk sekali. Supir taksinya untung-untungan. Kalau lagi buntung, kita bisa dapat supir taksi yang nakal. Ada yang minta uang tambahanlah, emosi ga stabil, dan lain sebagainya. Belum lagi ketika baru landing, kita biasanya ditarik-tarik untuk diperebutkan naik taksi. Sunguh tidak nyaman.

Nah, kalau naik Damri, lebih enak. Selain membantu program pemerintah dalam mengurangi kemacetan ibukota, Damri haltenya jelas, luas, ada tempat duduk dan ber-AC. Ketika bus yang kita nantikan jurusannya terparkir di depan halte, petugas Damri akan memanggil calon penumpangnya. ”Jurusan Blok M, silahkan naik,” begitu kira-kira himbauan petugas Damri.

Murmer (Murah Meriah)

Letak halte bus Damri cukup strategis dan dekat dengan pintu kedatangan di tiap terminal. Kita cukup menyeberangi satu jalan dari pintu keluar kedatangan untuk menemukan haltenya. Ada di tiap terminal bandara. Petugas Damri juga cekatan, baik, dan sepengamatanku malah melindungi konsumen atau calon konsumennya.

Suatu malam, aku lihat ada ibu-ibu tua sedang kebingungan. Ia sudah janjian dengan anaknya untuk dijemput. Ternyata ada kendala. Tak jadilah ia dijemput. Akhirnya, ia luntang lantung di depan halte Damri. Petugas Damri mendekatinya, menanyakan akan ke arah mana pulangnya. Petugas Damri itu melindungi si ibu tua dari sergapan supir-supir taksi yang gahar-gahar dan agresif menawarkan jasanya.

Hari sudah larut, pukul 23.30 malam. Si Ibu kalau tidak salah akan ke daerah Kampung Rambutan. Ternyata, malam itu bus ke Kampung Rambutan sudah habis. Hanya ada di terminal satunya lagi. Maka dengan cekatan petugas Damri tadi mengontak poolnya agar menahan bus terakhir Damri ke arah Kp. Rambutan, agar si ibu bisa naik. Sementara waktu, si ibu diikutsertakan ke dalam bus jurusan Blok M, satu bus denganku.

Sungguh, melihat peristiwa itu, aku terharu. Kalau aku jadi anaknya, aku akan sangat berterima kasih pada petugas Damri itu. Ibu tua renta, di tengah bandara, luntang-lantung ga jelas mau kemana, dan sedang diintimidasi oleh supir taksi yang berebut menawarkan jasa. Mending cara nanyanya sopan. Ini pakai sedikit pemaksaan. You know lah rasanya.

Bus Damri juga ada AC-nya. Tempat meletakkan barang juga tersedia cukup luas. Belum lagi bisa ditaruh barang juga di bagasi bagian bawah bus. Supirnya tidak terlalu ngebut. Tidak juga pelan. Ini transportasi paling nyaman, dan aman. Kita bersama orang banyak, dan ga mungkin disasar-sasarkan secara sengaja.

Bus Damri di Bandara: Aman & Nyaman

Biaya naik Bus Damri juga murah. Saat ini masih Rp 20.000 per sekali jalan. Bandingkan jika kita naik taksi. Dari tempatku di Kebon Jeruk, naik Blue Bird bisa kena Rp 90.000-an (sudah termasuk tol). Itu pun sudah lewat Tol Lingkar Luar Barat yang lebih singkat jaraknya. Kalau lihat rute biasa Tol Dalam Kota (lewat Taman Anggrek), bisa menembus Rp 100.000. Nah, masih lebih hemat Damri, bukan? Rp 20.000 vs Rp 100.000.

Nah, Anda bandingkan saja dengan jarak rumah Anda ke Bandara. Cukup hematkah dengan taksi? Kalau kita lebih dari 1 orang yang berangkat ke bandara, bolehlah bisa lebih hemat naik taksi. Bisa lebih efisien juga. Dan kalau kita sedang terkena jurus ”telat”, barulah pakai taksi sebagai senjata pamungkas.

Namun, jangan sembarangan pilih taksi. Salah pilih, bisa makan hati. Mulai dari yang taksinya bau rokok, sampai supirnya yang ugal-ugalan. Pilih yang sudah pasti ternama, dan catat nama pengemudi serta nomor pintunya. Jadi, kalau sewaktu-waktu ada barang ketinggalan, bisa dilacak dengan cepat.

Nah, untuk memudahkan Anda mencari Bus Damri, berikut saya berikan alamat counter Damri di Jabodetabek dan sekitarnya, berikut nomor telponnya. Siapa tahu Anda ingin cari informasi apakah bus Damrinya masih tersedia atau sudah habis, bisa ditanyakan di nomor telpon tersebut. Nomor tlp ini aku ambil dari karcis resmi Damri. Jadi, mudah-mudahan bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya. Semoga ada manfaat.

Sebenarnya saya punya usul buat Damri. Akan lebih asyik kalau Damri menyediakan report keberangkatan busnya dari tiap counter, melalui twitter. Jadi, semua orang bisa mendapatkan informasi yang up to date tentang bus Damri jurusan Bandara Soekarno Hatta.

Untuk kasus seperti saya misalnya, tinggal di Slipi, pengen naik Damri, tentu mencegat Damri dari 2 counter. Bisa dari Blok M, atau bisa dari perempatan Slipi Palmerah. Kalau harus ke Blok M dulu, tentu memakan waktu dan tenaga, serta ongkos. Saya ingin naiknya dari perempatan Slipi saja. Nah, agar tahu, apakah bus Damrinya sudah lewat, baru lewat, atau belum lewat, atau sudah habis, enaknya sih nyontek via twitter.

Jadi, tiap bus Damri dari Lebak Bulus yang berangkat, langsung dikasih tahu via twitter bahwa busnya baru berangkat atau keluar dari Lebak Bulus pkl 17.00. Jadi saya bisa leha-leha dulu di rumah hingga pukul 16.30, dan baru berangkat menuju perempatan Slipi Palmerah pukul 17.00. Jadi, nunggu busnya ndak terlalu lama. Usulan ini sudah saya kirimkan ke website Damri. Tapi belum ada respon. Kalau ini berlaku di semua counter Damri, tentu luar biasa dampaknya. Peminat Damri akan bertambah, karena calon pelanggan tahu, harus dimana mencegat bus Damri yang menuju bandara. Mudah-mudahan usulan iseng saya direalisasikan oleh Damri.

TEMPAT KEBERANGKATAN BUS DAMRI DARI DAN KE BANDARA SOETTA

No NAMA LOKASI HARGA LOKASI “NGETEM” No Telpon Rute & Keterangan
1 Counter Damri Charter Terminal 1B Bandara Soetta 021 – 5501290 Tlp: 021 – 460-3708 / 550-1290
2 Informasi bandara Bandara 021 – 5505179
3 Blok M Rp 20rb Depan Plaza Blok M 021 – Blok M (dekat SMA 6) – Sisingamangaraja – Jl. Sudirman – Semanggi – Jl. Gatot Subroto – Tol Dalam Kota – Tol Bandara sudyatmo – Bandara Soekarno-Hatta (arah sebaliknya keluar tol di Tomang, RS. Harapan Kita)
4 Bogor Rp 25rb Botani Square 0251 – 9241928 Botani Square – tol jagorawi -tol dalam kota – Bandara Soekarno-Hatta
5 Cikarang Rp 30rb Plaza Cikarang Baru Jababeka Cikarang Baru – Tol – Bandara Soekarno-Hatta
6 Gambir Rp 20rb Set. Kereta Api Gambir 021 – 3862361 Belakang Stasiun Gambir – Medan Merdeka Timur – jl. Ridwan Rais – JL. Kategral – Jl. Pos ps baru – Jl. Gunung sahari – Jl. Angkasa kemayoran – Jl. Benyamin Sueb – Jl. Tol Pelabuhan (RE Martadinata) – Jl. tol Profesor Sedyatmo – Jl. Raya Bandara – Bandara Soekarno Hatta
7 Bekasi Rp 25rb Terminal Kayuringin Bekasi Kayu ringgin -tol cikarang -pintu tol bekasi barat – tol dalam koata – tol sudyatmo – Bandara Soekarno-Hatta
8 Kemayoran Rp 20rb Pool Damri Kemayoran 021 – 4245783 Kemayoran – Mangga dua – tol sedyatmo -Bandara Soekarno Hatta
9 Kampung Rambutan Rp 20rb Terminal Kp. Rambutan 021 – 8400062 Terminal Kampung Rambutan – putaran lampu merah pasar rebo – tol grogol Dalam kota – tol sudyatmo – Bandara Soekarno-Hatta
10 Lebak Bulus Rp 20rb Terminal Lebak Bulus 021 – 7509773 Terminal Lebak Bulus – Pondok Indah -slipi jaya – tol dalam kota grogol – tol sudyatma – Bandara Soekarno-Hatta
11 Mangga Dua Rp 20rb Mangga 2 Square 021 – 62313000 Mangga dua square – stasiun kota / beos – jembatan tiga – pluit – tol sudyatmo – Bandara Soekarno Hatta
12 Pasar Minggu Rp 20rb Terminal Pasar Minggu 021 – 7802804 Terminal Pasar Minggu – Pancoran – Jl. Gatot Subroto – (Tol Dalam Kota )- Tol Prof. Sedyatmo – Bandara Soekarno-Hatta
13 Rawamangun Rp 20rb Terminal Rawamangun 021 – 48974555 Terminal Rawa Mangun – Tol Dalam Kota – Bandara Soekarno-Hatta
14 Serang Rp 28rb Terminal Serang 0254 – 221175
15 Tanjung Priok Rp 20rb Terminal Tj. Priok 021 – 43930178
16 Purwakarta Pool Damri Purwakarta

(Source: penyempurnaan dari website & http://bayni.blogspot.com)

Sekalian juga saya sertakan lokasi terminal tiap airline. Biar ketika sampai di bandara, langsung sudah tahu mau turun di terminal berapa dan tidak sampai salah alamat. Sewaktu menunggu istri di bandara, saya kaget karena mendengar seorang bos marah-marah karena anak buahnya salah menjemput beliau di terminal berbeda. Miskomunikasi seperti ini bisa dihindari dengan informasi di bawah ini. Ada baiknya Anda memastikan betul lewat telpon apakah pesawat yang Anda nanti kedatangannya mengalami delay, atau tetap on schedule. Tinggal pencet nomornya di hape. Mudah-mudahan belum berubah nomor tlpnya. Kalau ada yang kurang update, sila kirim revisinya di blog ini ya. Semoga tulisan ini ada manfaatnya.

INFORMASI PENERBANGAN

No Maskapai Penerbangan Lokasi Pemberangkatan No Telpon
1 Lion Air Terminal 1A / 1B 021 – 5500839
2 Wings Air Terminal 1A 021 – 5594420
3 Sriwijaya Air Terminal 1B 021 – 6405566
4 Batavia Air Terminal 1C 021 – 38999888
5 Citilink Terminal 1C 021 – 23500109
6 Garuda Terminal 2F 021 – 23519999
7 Merpati Terminal 2F 021 – 5507395
8 Air Asia Terminal 3 (International) 021 – 80899099
9 Air Asia Terimnal 3 (Domestik) 021 – 80899099

(Source: Tiket Resmi Bus Damri)

sumber tulisan : http://umarat.wordpress.com/2012/02/02/pahe-paket-hemat-bandara-soekarno-hatta/

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s